Tim Nasional Sepak Bola Vietnam

admin

Tim Nasional Sepak Bola Vietnam

Tim Nasional Sepak Bola Vietnam: Kebanggaan Asia Tenggara

Tim nasional sepak bola Vietnam adalah tim sepak bola yang mewakili Vietnam di kancah internasional. Tim ini dikelola oleh Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF) dan merupakan anggota dari Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) dan Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF).

Vietnam pertama kali berpartisipasi dalam kompetisi internasional pada tahun 1991, ketika mereka mengikuti Kualifikasi Piala Asia 1992. Namun, mereka gagal lolos ke putaran final. Pada tahun 1996, Vietnam berhasil lolos ke putaran final Piala Asia untuk pertama kalinya. Mereka berhasil mencapai babak perempat final, tetapi kalah dari Jepang dengan skor 0-3.

Pada tahun 2004, Vietnam kembali lolos ke putaran final Piala Asia. Mereka berhasil mencapai babak semifinal, tetapi kalah dari Jepang dengan skor 1-5. Pada tahun 2008, Vietnam gagal lolos ke putaran final Piala Asia. Namun, mereka berhasil lolos ke putaran final Piala AFF untuk pertama kalinya. Mereka berhasil mencapai babak final, tetapi kalah dari Singapura dengan skor 1-2.

Pada tahun 2010, Vietnam kembali lolos ke putaran final Piala AFF. Mereka berhasil mencapai babak semifinal, tetapi kalah dari Malaysia dengan skor 0-2. Pada tahun 2012, Vietnam berhasil lolos ke putaran final Piala AFF untuk ketiga kalinya. Mereka berhasil mencapai babak final, tetapi kalah dari Singapura dengan skor 0-1.

Pada tahun 2014, Vietnam berhasil lolos ke putaran final Piala AFF untuk keempat kalinya. Mereka berhasil mencapai babak final, tetapi kalah dari Thailand dengan skor 2-3. Pada tahun 2016, Vietnam berhasil lolos ke putaran final Piala AFF untuk kelima kalinya. Mereka berhasil mencapai babak semifinal, tetapi kalah dari Indonesia dengan skor 1-2.

Pada tahun 2018, Vietnam berhasil lolos ke putaran final Piala AFF untuk keenam kalinya. Mereka berhasil mencapai babak final, dan mengalahkan Malaysia dengan skor 3-2. Ini adalah gelar juara Piala AFF pertama bagi Vietnam.

Pada tahun 2019, Vietnam berhasil lolos ke putaran final Piala Asia untuk kelima kalinya. Mereka berhasil mencapai babak perempat final, tetapi kalah dari Jepang dengan skor 0-1. Pada tahun 2021, Vietnam kembali lolos ke putaran final Piala AFF untuk ketujuh kalinya. Mereka berhasil mencapai babak final, tetapi kalah dari Thailand dengan skor 0-2.

Tim nasional sepak bola Vietnam saat ini berada di peringkat ke-97 dalam peringkat FIFA. Pemain paling terkenal dari Vietnam adalah Lê Công Vinh, yang telah mencetak 51 gol untuk tim nasional.

Vietnam memiliki rivalitas sengit dengan Thailand dalam sepak bola. Kedua tim telah bertemu sebanyak 42 kali, dengan Thailand menang 21 kali, Vietnam menang 10 kali, dan 11 pertandingan berakhir imbang.

Tim nasional sepak bola Vietnam diharapkan dapat terus berprestasi di masa mendatang. Mereka memiliki potensi untuk menjadi salah satu tim sepak bola terbaik di Asia Tenggara.

Tags

Related Post

Leave a Comment