Salah Satu Tumbuhan Yang Gerakannya Mudah Diamati

admin

Salah Satu Tumbuhan Yang Gerakannya Mudah Diamati

Mimosa Pudica : Tumbuhan Pemalu Yang Gerakannya Mudah Diamati

Mimosa pudica, atau yang lebih dikenal dengan nama "putri malu", adalah tanaman yang sangat menarik dan unik. Tanaman ini terkenal karena gerakannya yang cepat dan sensitif terhadap sentuhan. Ketika disentuh, daun-daunnya akan langsung menutup dengan gerakan yang sangat cepat, seperti seolah-olah malu. Gerakan ini disebut sebagai seismonasti, yaitu respons terhadap rangsangan fisik seperti sentuhan, getaran, atau suhu.

Mimosa pudica adalah tanaman tahunan yang tumbuh di daerah tropis dan subtropis di seluruh dunia. Tanaman ini memiliki batang yang ramping dengan tinggi sekitar 30-60 sentimeter. Daun-daunnya majemuk, terdiri dari dua hingga empat pasang anak daun yang berbentuk oval dengan ujung yang runcing. Bunga-bunga Mimosa pudica kecil dan berwarna merah muda.

Gerakan cepat Mimosa pudica disebabkan oleh sel-sel khusus yang disebut sel motor. Sel-sel ini terletak di pangkal anak daun. Ketika disentuh, sel-sel motor ini mengirimkan sinyal listrik ke sel-sel di bagian bawah anak daun, yang menyebabkan sel-sel tersebut mengempis dengan cepat. Hal ini mengakibatkan daun-daun menutup dengan sangat cepat, seperti seolah-olah terlipat ke dalam.

Gerakan Mimosa pudica sangat cepat, hanya membutuhkan waktu sekitar 0,1 detik. Gerakan ini merupakan mekanisme pertahanan diri Mimosa pudica untuk melindungi diri dari predator, seperti serangga dan hewan herbivora lainnya. Ketika disentuh, daun-daunnya akan menutup dengan cepat, sehingga predator tidak dapat memakan daun-daun tersebut.

Selain gerakannya yang cepat, Mimosa pudica juga memiliki gerakan lain yang menarik. Ketika malam tiba, daun-daun Mimosa pudica akan menutup dengan rapi, seperti seolah-olah sedang tidur. Gerakan ini disebut sebagai nyctinasty. Gerakan nyctinasty ini berfungsi untuk melindungi daun-daun Mimosa pudica dari embun dan embun beku pada malam hari.

Mimosa pudica adalah tanaman yang sangat menarik dan unik. Gerakannya yang cepat dan sensitif terhadap sentuhan membuatnya menjadi tanaman yang sangat populer untuk diamati dan dipelajari. Tanaman ini juga mudah ditanam dan dirawat, sehingga cocok untuk dijadikan tanaman hias di rumah atau di taman.

Tags

Related Post

Leave a Comment