Salah Satu Tujuan Afta Yaitu

admin

Salah Satu Tujuan Afta Yaitu

Tujuan AFTA: Menciptakan Pasar Tunggal dan Basis Produksi Tunggal di ASEAN

AFTA (ASEAN Free Trade Area) atau Kawasan Perdagangan Bebas ASEAN adalah perjanjian perdagangan bebas antara negara-negara anggota ASEAN. Tujuan utama AFTA adalah untuk menciptakan pasar tunggal dan basis produksi tunggal di ASEAN, sehingga dapat meningkatkan daya saing ekonomi ASEAN di tingkat global.

AFTA mulai berlaku pada tahun 1992, dan sejak saat itu telah mengalami beberapa putaran negosiasi. Putaran terbaru, yang disebut AFTA 2020, telah selesai pada tahun 2020 dan akan mulai berlaku pada tahun 2025.

AFTA 2020 akan semakin mengurangi tarif bea masuk dan menghapuskan hambatan perdagangan lainnya di antara negara-negara anggota ASEAN. Hal ini diharapkan akan meningkatkan perdagangan intra-ASEAN dan daya saing ekonomi ASEAN di tingkat global.

Selain itu, AFTA 2020 juga akan memperkenalkan beberapa ketentuan baru, seperti ketentuan mengenai perdagangan jasa, investasi, dan hak kekayaan intelektual. Ketentuan-ketentuan ini diharapkan akan memperkuat integrasi ekonomi ASEAN dan meningkatkan daya tarik ASEAN bagi investor asing.

Berikut adalah beberapa tujuan spesifik dari AFTA:

  • Menciptakan pasar tunggal dan basis produksi tunggal di ASEAN, sehingga dapat meningkatkan daya saing ekonomi ASEAN di tingkat global.
  • Meningkatkan perdagangan intra-ASEAN dan daya saing ekonomi ASEAN di tingkat global.
  • Memperkenalkan ketentuan baru mengenai perdagangan jasa, investasi, dan hak kekayaan intelektual.
  • Memperkuat integrasi ekonomi ASEAN dan meningkatkan daya tarik ASEAN bagi investor asing.

AFTA telah terbukti berhasil dalam mencapai tujuan-tujuannya. Sejak AFTA diberlakukan, perdagangan intra-ASEAN telah meningkat secara signifikan. Pada tahun 2020, perdagangan intra-ASEAN mencapai US$622 miliar, atau sekitar 23% dari total perdagangan ASEAN. Selain itu, AFTA juga telah berhasil meningkatkan daya saing ekonomi ASEAN di tingkat global. Pada tahun 2020, ASEAN menjadi ekonomi terbesar keenam di dunia, dengan PDB sebesar US$3,4 triliun.

AFTA 2020 diharapkan akan semakin meningkatkan perdagangan intra-ASEAN dan daya saing ekonomi ASEAN di tingkat global. Hal ini akan membawa manfaat ekonomi yang besar bagi negara-negara anggota ASEAN dan meningkatkan kesejahteraan rakyat ASEAN.

Tags

Related Post

Leave a Comment