Qada Dan Qadar Disebut Juga

admin

Qada Dan Qadar Disebut Juga

Qada dan Qadar Disebut Juga Takdir

Qada dan qadar merupakan dua istilah yang tidak asing lagi dalam ajaran Islam. Kedua istilah ini sering disebut bersama-sama, meskipun memiliki arti yang berbeda. Qada berarti ketentuan Allah SWT yang pasti terjadi, sedangkan qadar berarti ketetapan Allah SWT yang mungkin terjadi atau tidak terjadi.

Dalam bahasa Arab, qada berarti "memutuskan" atau "menetapkan", sedangkan qadar berarti "mengukur" atau "menakdirkan". Kedua istilah ini digunakan untuk menggambarkan peran Allah SWT dalam mengatur dan mengendalikan alam semesta.

Qada dan qadar merupakan salah satu dari enam rukun iman. Artinya, setiap muslim wajib mempercayai adanya qada dan qadar. Hal ini didasarkan pada firman Allah SWT dalam Al-Qur’an surat At-Taubah ayat 51:

إِنَّ اللَّهَ لَا يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتَّى يُغَيِّرُوا مَا بِأَنْفُسِهِمْ

"Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri."

Ayat ini menunjukkan bahwa Allah SWT telah menetapkan ketentuan-ketentuan tertentu untuk setiap kaum. Namun, ketentuan-ketentuan tersebut dapat berubah jika kaum tersebut mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri.

Qada dan qadar juga terkait dengan konsep takdir. Takdir adalah segala sesuatu yang telah ditentukan oleh Allah SWT, baik yang baik maupun yang buruk. Takdir meliputi segala aspek kehidupan manusia, mulai dari kelahiran, kematian, rezeki, jodoh, hingga akhir hayat.

Dalam ajaran Islam, takdir bukanlah sesuatu yang bersifat mutlak. Takdir dapat berubah jika manusia berusaha dan berdoa kepada Allah SWT. Hal ini didasarkan pada firman Allah SWT dalam Al-Qur’an surat Ar-Ra’d ayat 11:

إِنَّ اللَّهَ لَا يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتَّى يُغَيِّرُوا مَا بِأَنْفُسِهِمْ

"Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri."

Ayat ini menunjukkan bahwa Allah SWT dapat mengubah takdir seseorang jika orang tersebut berusaha dan berdoa kepada-Nya.

Qada dan qadar merupakan dua konsep yang penting dalam ajaran Islam. Memahami kedua konsep ini dapat membantu kita untuk lebih memahami peran Allah SWT dalam mengatur dan mengendalikan alam semesta. Selain itu, memahami qada dan qadar juga dapat membantu kita untuk lebih ikhlas dalam menerima ketentuan Allah SWT.

Tags

Related Post

Leave a Comment