Pt Pelita Putra Indonesia

admin

Pt Pelita Putra Indonesia

PT Pelita Putra Indonesia: Membangun Infrastruktur untuk Indonesia yang Lebih Baik

PT Pelita Putra Indonesia (PPI) adalah perusahaan konstruksi yang didirikan pada tahun 1972. Perusahaan ini bergerak di bidang pembangunan infrastruktur, seperti jalan raya, jembatan, pelabuhan, dan gedung-gedung. PPI telah menyelesaikan banyak proyek besar di seluruh Indonesia, dan telah menjadi salah satu perusahaan konstruksi terkemuka di negara ini.

Sejarah PT Pelita Putra Indonesia

PPI didirikan oleh Haji Muhammad Yusril, seorang pengusaha asal Sumatra Barat. Yusril memulai bisnisnya dengan membangun jalan-jalan kecil di sekitar kampung halamannya. Seiring berjalannya waktu, bisnis Yusril semakin berkembang dan ia mulai mengerjakan proyek-proyek yang lebih besar. Pada tahun 1972, Yusril mendirikan PPI sebagai perusahaan konstruksi yang resmi.

Pada awalnya, PPI hanya mengerjakan proyek-proyek kecil di sekitar Sumatra Barat. Namun, seiring berjalannya waktu, perusahaan ini mulai mengerjakan proyek-proyek yang lebih besar dan kompleks. Pada tahun 1980-an, PPI mulai mengerjakan proyek-proyek pembangunan jalan tol dan jembatan di seluruh Indonesia.

Pada tahun 1990-an, PPI mulai mengerjakan proyek-proyek pembangunan pelabuhan dan gedung-gedung. Perusahaan ini juga mulai berekspansi ke luar negeri, dan mulai mengerjakan proyek-proyek di Malaysia, Singapura, dan Filipina.

Pada tahun 2000-an, PPI menjadi salah satu perusahaan konstruksi terbesar di Indonesia. Perusahaan ini mengerjakan banyak proyek-proyek besar, seperti pembangunan jalan tol Trans Jawa, pembangunan Jembatan Suramadu, dan pembangunan Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Proyek-Proyek Besar PT Pelita Putra Indonesia

PPI telah menyelesaikan banyak proyek besar di seluruh Indonesia. Berikut ini adalah beberapa proyek besar yang telah dikerjakan oleh PPI:

  • Jalan Tol Trans Jawa: PPI mengerjakan pembangunan jalan tol Trans Jawa sepanjang 1.167 kilometer. Jalan tol ini menghubungkan Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, dan Banyuwangi.
  • Jembatan Suramadu: PPI mengerjakan pembangunan Jembatan Suramadu sepanjang 5,4 kilometer. Jembatan ini menghubungkan Pulau Jawa dan Pulau Madura.
  • Bandara Internasional Soekarno-Hatta: PPI mengerjakan pembangunan Bandara Internasional Soekarno-Hatta Terminal 3. Terminal ini memiliki luas 343.500 meter persegi dan dapat menampung hingga 25 juta penumpang per tahun.
  • Pelabuhan Tanjung Priok: PPI mengerjakan pembangunan Pelabuhan Tanjung Priok Terminal 3. Terminal ini memiliki luas 500.000 meter persegi dan dapat menampung hingga 10 juta TEUs per tahun.

Visi dan Misi PT Pelita Putra Indonesia

Visi PT Pelita Putra Indonesia adalah menjadi perusahaan konstruksi terkemuka di Indonesia dan di kawasan Asia Tenggara. Misi PPI adalah untuk menyediakan layanan konstruksi yang berkualitas tinggi dan tepat waktu, serta untuk berkontribusi terhadap pembangunan infrastruktur di Indonesia.

Penghargaan yang Diraih PT Pelita Putra Indonesia

PPI telah meraih banyak penghargaan atas prestasinya dalam bidang konstruksi. Berikut ini adalah beberapa penghargaan yang telah diraih oleh PPI:

  • Penghargaan BUMN Award dari Presiden Republik Indonesia (2016)
  • Penghargaan Konstruksi Indonesia dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (2017)
  • Penghargaan Industri Konstruksi Indonesia dari Asosiasi Kontraktor Indonesia (2018)
  • Penghargaan Global Corporate Social Responsibility dari Asia Corporate Social Responsibility Awards (2019)

Kontribusi PT Pelita Putra Indonesia terhadap Pembangunan Infrastruktur di Indonesia

PPI telah memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pembangunan infrastruktur di Indonesia. Perusahaan ini telah membangun banyak infrastruktur penting, seperti jalan tol, jembatan, pelabuhan, dan gedung-gedung. Infrastruktur yang dibangun oleh PPI telah memperlancar arus transportasi dan komunikasi, serta meningkatkan akses masyarakat terhadap berbagai fasilitas publik.

PPI juga telah berkontribusi terhadap peningkatan ekonomi Indonesia. Perusahaan ini telah menciptakan lapangan kerja bagi jutaan orang, dan telah meningkatkan daya saing Indonesia di pasar global. Infrastruktur yang dibangun oleh PPI telah memudahkan bisnis untuk beroperasi dan menarik investasi asing.

PPI adalah salah satu perusahaan konstruksi terkemuka di Indonesia. Perusahaan ini telah memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pembangunan infrastruktur di Indonesia. PPI telah membangun banyak infrastruktur penting, seperti jalan tol, jembatan, pelabuhan, dan gedung-gedung. Infrastruktur yang dibangun oleh PPI telah memperlancar arus transportasi dan komunikasi, serta meningkatkan akses masyarakat terhadap berbagai fasilitas publik. PPI juga telah berkontribusi terhadap peningkatan ekonomi Indonesia. Perusahaan ini telah menciptakan lapangan kerja bagi jutaan orang, dan telah meningkatkan daya saing Indonesia di pasar global.

Tags

Related Post

Leave a Comment