Prometric Jft

admin

Prometric Jft

Prometric JFT: Apa Itu dan Bagaimana Persiapannya?

Tes TOEFL ITP vs Prometric JFT

Prometric JFT (Japanese-Language Proficiency Test) adalah tes bahasa Jepang yang dirancang khusus untuk mengukur kemampuan bahasa Jepang para profesional yang bekerja di bidang bisnis dan teknologi. Tes ini dikembangkan oleh Japan Foundation dan dikelola oleh Prometric, sebuah perusahaan penyedia layanan tes internasional.

Prometric JFT berbeda dengan TOEFL ITP (Test of English as a Foreign Language Institutional Testing Program), yang merupakan tes bahasa Inggris yang dirancang untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris para mahasiswa internasional yang ingin melanjutkan studi di universitas atau perguruan tinggi di Amerika Serikat.

Struktur Tes Prometric JFT

Tes Prometric JFT terdiri dari empat bagian, yaitu:

  1. Listening (mendengarkan): Bagian ini menguji kemampuan peserta tes dalam memahami percakapan dan ceramah dalam bahasa Jepang. Peserta tes akan mendengarkan rekaman audio dan menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang apa yang mereka dengar.
  2. Reading (membaca): Bagian ini menguji kemampuan peserta tes dalam memahami teks-teks dalam bahasa Jepang. Peserta tes akan membaca teks-teks tentang berbagai topik dan menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang apa yang mereka baca.
  3. Vocabulary (kosakata): Bagian ini menguji kemampuan peserta tes dalam memahami dan menggunakan kosakata bahasa Jepang. Peserta tes akan diminta untuk memilih sinonim atau antonim dari kata-kata tertentu, serta melengkapi kalimat-kalimat dengan kata-kata yang tepat.
  4. Grammar (tata bahasa): Bagian ini menguji kemampuan peserta tes dalam memahami dan menggunakan tata bahasa bahasa Jepang. Peserta tes akan diminta untuk mengidentifikasi kesalahan-kesalahan tata bahasa dalam kalimat-kalimat tertentu, serta melengkapi kalimat-kalimat dengan struktur tata bahasa yang tepat.

Tingkat Kesulitan Tes Prometric JFT

Tes Prometric JFT memiliki tiga tingkat kesulitan, yaitu:

  1. Basic (dasar): Tingkat ini dirancang untuk peserta tes yang memiliki pengetahuan dasar bahasa Jepang dan ingin mengukur kemampuan bahasa Jepang mereka untuk tujuan bisnis atau pekerjaan.
  2. Intermediate (menengah): Tingkat ini dirancang untuk peserta tes yang memiliki pengetahuan bahasa Jepang yang lebih mendalam dan ingin mengukur kemampuan bahasa Jepang mereka untuk tujuan studi atau penelitian.
  3. Advanced (lanjutan): Tingkat ini dirancang untuk peserta tes yang memiliki pengetahuan bahasa Jepang yang sangat mendalam dan ingin mengukur kemampuan bahasa Jepang mereka untuk tujuan profesional atau akademis.

Persiapan Tes Prometric JFT

Terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mempersiapkan diri menghadapi tes Prometric JFT, antara lain:

  1. Pelajari materi: Pelajari materi-materi yang berkaitan dengan keempat bagian tes Prometric JFT, yaitu listening, reading, vocabulary, dan grammar. Materi-materi ini dapat diperoleh dari buku-buku pelajaran, kursus bahasa Jepang, atau situs web resmi Japan Foundation.
  2. Praktikkan soal-soal latihan: Latihan soal-soal latihan dapat membantu Anda untuk membiasakan diri dengan format dan tingkat kesulitan tes Prometric JFT. Soal-soal latihan dapat ditemukan di buku-buku pelajaran, kursus bahasa Jepang, atau situs web resmi Japan Foundation.
  3. Hadiri kursus persiapan: Kursus persiapan tes Prometric JFT dapat membantu Anda untuk belajar materi-materi yang dibutuhkan secara lebih terstruktur dan sistematis. Kursus persiapan dapat ditemukan di lembaga-lembaga pendidikan bahasa Jepang atau di situs web resmi Japan Foundation.
  4. Gunakan aplikasi belajar bahasa Jepang: Aplikasi belajar bahasa Jepang dapat membantu Anda untuk belajar kosakata dan tata bahasa bahasa Jepang secara lebih efektif dan menyenangkan. Aplikasi belajar bahasa Jepang dapat diunduh dari Google Play Store atau App Store.

Pendaftaran Tes Prometric JFT

Pendaftaran tes Prometric JFT dapat dilakukan secara online melalui situs web resmi Japan Foundation. Pendaftaran dibuka beberapa bulan sebelum tanggal ujian dan ditutup beberapa minggu sebelum tanggal ujian. Peserta tes diharuskan untuk membayar biaya pendaftaran sebelum menyelesaikan proses pendaftaran.

Hasil Tes Prometric JFT

Hasil tes Prometric JFT akan diumumkan beberapa minggu setelah tanggal ujian. Peserta tes dapat melihat hasil tes mereka secara online melalui situs web resmi Japan Foundation. Hasil tes akan berupa skor untuk masing-masing bagian tes dan skor keseluruhan. Skor keseluruhan akan menentukan tingkat kemampuan bahasa Jepang peserta tes, yaitu basic, intermediate, atau advanced.

Tags

Related Post

Leave a Comment