Pernikahan Brunei

admin

Pernikahan Brunei

Pernikahan Brunei: Tradisi dan Ritual Khas

Pernikahan adalah salah satu momen terpenting dalam kehidupan seseorang. Setiap budaya memiliki tradisi dan ritual pernikahan yang unik, termasuk Brunei. Brunei adalah negara kecil di Asia Tenggara yang mayoritas penduduknya beragama Islam. Pernikahan di Brunei sangat dipengaruhi oleh ajaran Islam, serta tradisi dan budaya lokal.

Berikut ini adalah beberapa tradisi dan ritual pernikahan khas Brunei:

  1. Lamaran

Lamaran merupakan langkah pertama dalam proses pernikahan Brunei. Calon mempelai pria akan mengirim utusan untuk melamar calon mempelai wanita. Utusan tersebut biasanya terdiri dari keluarga dan kerabat dekat calon mempelai pria. Lamaran diterima jika pihak calon mempelai wanita memberikan jawaban positif.

  1. Pertunangan

Setelah lamaran diterima, kedua belah pihak akan mengadakan upacara pertunangan. Upacara pertunangan biasanya dihadiri oleh keluarga dan kerabat dekat kedua mempelai. Dalam upacara pertunangan, kedua mempelai akan saling bertukar cincin dan mengucapkan janji setia.

  1. Nikah

Nikah adalah upacara pernikahan yang sakral dalam agama Islam. Upacara nikah biasanya diadakan di masjid atau rumah mempelai wanita. Akad nikah dipimpin oleh seorang penghulu atau ustadz. Dalam akad nikah, kedua mempelai akan mengucapkan janji suci pernikahan dan saling memberikan mahar.

  1. Pelaminan

Setelah akad nikah, kedua mempelai akan dibawa ke pelaminan. Pelaminan adalah tempat khusus yang dihias dengan indah untuk menyambut kedua mempelai. Kedua mempelai akan duduk di pelaminan dan menerima ucapan selamat dari para tamu undangan.

  1. Resepsi

Resepsi pernikahan biasanya diadakan setelah upacara pelaminan. Resepsi pernikahan merupakan acara yang lebih meriah dan dihadiri oleh lebih banyak tamu undangan. Dalam resepsi pernikahan, kedua mempelai akan menari dan bernyanyi bersama para tamu undangan.

  1. Malam Berinai

Malam berinai adalah tradisi pernikahan Brunei yang unik. Malam berinai biasanya diadakan pada malam sebelum upacara pernikahan. Dalam malam berinai, kedua mempelai akan dipakaikan henna atau inai pada tangan dan kaki mereka. Henna atau inai dipercaya dapat membawa keberuntungan dan kebahagiaan bagi kedua mempelai.

Pernikahan Brunei merupakan acara yang sakral dan penuh dengan tradisi dan ritual. Tradisi dan ritual pernikahan Brunei mencerminkan nilai-nilai budaya dan agama Brunei yang kaya.

Tags

Related Post

Leave a Comment