Orang Yang Pertama Kali Mengembangkan Sistem Lima Kingdom Adalah

admin

Orang Yang Pertama Kali Mengembangkan Sistem Lima Kingdom Adalah

Robert Whittaker: Ilmuwan yang Pertama Kali Mengembangkan Sistem Lima Kingdom

Robert Harding Whittaker adalah seorang ahli ekologi, botani, dan mikologi berkebangsaan Amerika Serikat. Ia terkenal sebagai ilmuwan yang pertama kali mengembangkan sistem lima kingdom, yang merupakan sistem klasifikasi makhluk hidup yang masih digunakan hingga saat ini.

Whittaker lahir pada tanggal 27 Desember 1920 di Wichita, Kansas. Ia memulai pendidikannya di Wichita State University, tempat ia memperoleh gelar sarjana dalam bidang biologi pada tahun 1942. Setelah lulus dari Wichita State University, Whittaker melanjutkan pendidikannya di Universitas Illinois Urbana-Champaign dan memperoleh gelar doktor dalam bidang botani pada tahun 1948.

Setelah memperoleh gelar doktor, Whittaker bekerja sebagai profesor di Universitas Washington di Seattle. Pada tahun 1969, ia menerbitkan buku berjudul "New Concepts of Kingdoms of Organisms", yang memperkenalkan sistem lima kingdomnya. Dalam bukunya, Whittaker membagi makhluk hidup menjadi lima kingdom, yaitu Monera, Protista, Fungi, Plantae, dan Animalia.

Sistem lima kingdom Whittaker didasarkan pada beberapa kriteria, termasuk struktur sel, organisasi tubuh, cara mendapatkan makanan, dan habitat. Sistem ini merupakan sistem klasifikasi yang lebih komprehensif daripada sistem klasifikasi dua kingdom yang sebelumnya digunakan, yang hanya membagi makhluk hidup menjadi tumbuhan dan hewan.

Sistem lima kingdom Whittaker diterima dengan baik oleh para ilmuwan dan menjadi sistem klasifikasi standar yang digunakan hingga saat ini. Namun, seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan, sistem lima kingdom Whittaker telah mengalami beberapa revisi. Saat ini, sistem klasifikasi makhluk hidup yang paling umum digunakan adalah sistem enam kingdom, yang menambahkan kingdom Archaea ke dalam sistem lima kingdom Whittaker.

Robert Whittaker meninggal dunia pada tanggal 20 Oktober 1980 di Ithaca, New York. Ia meninggalkan warisan sebagai ilmuwan yang telah memberikan kontribusi yang signifikan terhadap bidang ekologi, botani, dan mikologi. Sistem lima kingdomnya merupakan salah satu karya terbesarnya dan telah menjadi dasar bagi pengembangan sistem klasifikasi makhluk hidup yang lebih modern.

Tags

Related Post

Leave a Comment