Naskah Proklamasi Otentik Atau Resmi Yaitu Naskah Yang ….

admin

Naskah Proklamasi Otentik Atau Resmi Yaitu Naskah Yang ....

Naskah Proklamasi Otentik atau Resmi: Naskah yang Ditandatangani oleh Soekarno dan Hatta

Naskah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia yang otentik atau resmi adalah naskah yang ditandatangani oleh Soekarno dan Hatta pada tanggal 17 Agustus 1945. Naskah ini ditulis tangan oleh Soekarno dan diketik ulang oleh Sayuti Melik. Naskah ini kemudian disebarluaskan melalui siaran radio dan surat kabar.

Naskah Proklamasi yang otentik disimpan di Museum Nasional Republik Indonesia. Naskah ini terbuat dari kertas bergaris ukuran A4 dan terdapat coretan-coretan tinta. Naskah ini juga telah mengalami beberapa kali perbaikan dan penambahan.

Perbedaan Naskah Proklamasi Otentik dan Naskah Proklamasi Sakti

Naskah Proklamasi yang otentik berbeda dengan Naskah Proklamasi Sakti yang selama ini dikenal masyarakat. Naskah Proklamasi Sakti adalah naskah yang diketik ulang oleh Sayuti Melik setelah naskah yang ditulis tangan oleh Soekarno mengalami beberapa kali perbaikan dan penambahan. Naskah Proklamasi Sakti ini yang kemudian disebarluaskan melalui siaran radio dan surat kabar.

Perbedaan yang paling mencolok antara Naskah Proklamasi Otentik dan Naskah Proklamasi Sakti adalah pada bagian akhir. Pada Naskah Proklamasi Otentik, terdapat coretan tinta pada kata "kami". Coretan tinta ini diduga dilakukan oleh Soekarno sendiri. Sementara pada Naskah Proklamasi Sakti, kata "kami" tidak dicoret.

Makna Naskah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Naskah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia merupakan dokumen bersejarah yang sangat penting bagi bangsa Indonesia. Naskah ini menandai lahirnya negara Indonesia yang merdeka dan berdaulat. Naskah ini juga menjadi tonggak sejarah perjuangan bangsa Indonesia melawan penjajahan.

Naskah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia memiliki makna yang sangat dalam. Naskah ini mengandung nilai-nilai perjuangan, persatuan, dan kesatuan bangsa Indonesia. Naskah ini juga menjadi sumber inspirasi bagi generasi mendatang untuk terus berjuang demi kemajuan bangsa Indonesia.

Penutup

Naskah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia yang otentik atau resmi adalah naskah yang ditandatangani oleh Soekarno dan Hatta pada tanggal 17 Agustus 1945. Naskah ini merupakan dokumen bersejarah yang sangat penting bagi bangsa Indonesia. Naskah ini menandai lahirnya negara Indonesia yang merdeka dan berdaulat. Naskah ini juga menjadi tonggak sejarah perjuangan bangsa Indonesia melawan penjajahan. Naskah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia memiliki makna yang sangat dalam. Naskah ini mengandung nilai-nilai perjuangan, persatuan, dan kesatuan bangsa Indonesia. Naskah ini juga menjadi sumber inspirasi bagi generasi mendatang untuk terus berjuang demi kemajuan bangsa Indonesia.

Tags

Related Post

Leave a Comment