Live Salah Satu Ciri Utama Dari Monera Adalah

admin

Live Salah Satu Ciri Utama Dari Monera Adalah

Live Salah Satu Ciri Utama Dari Monera

Monera adalah salah satu kingdom dalam klasifikasi makhluk hidup yang terdiri dari organisme bersel tunggal. Organisme monera memiliki ciri-ciri umum, salah satunya adalah cara hidupnya. Monera dapat hidup secara autotrof atau heterotrof.

Autotrof

Organisme monera yang hidup secara autotrof mampu menghasilkan makanannya sendiri melalui proses fotosintesis atau kemosintesis. Fotosintesis adalah proses pembuatan makanan menggunakan energi cahaya matahari, sedangkan kemosintesis adalah proses pembuatan makanan menggunakan energi kimia.

Heterotrof

Organisme monera yang hidup secara heterotrof tidak dapat menghasilkan makanannya sendiri. Mereka harus mendapatkan makanan dari organisme lain. Makanan dapat berupa organisme lain yang lebih kecil, atau senyawa organik yang terdapat di lingkungan.

Berikut ini adalah beberapa contoh organisme monera yang hidup secara autotrof dan heterotrof:

Autotrof

  • Cyanobacteria: Cyanobacteria adalah bakteri yang mampu melakukan fotosintesis. Mereka berperan penting dalam produksi oksigen di atmosfer.
  • Alga: Alga adalah organisme mirip tumbuhan yang mampu melakukan fotosintesis. Mereka hidup di lingkungan perairan, seperti laut, danau, dan sungai.
  • Bakteri fotosintetik: Bakteri fotosintetik adalah bakteri yang mampu melakukan fotosintesis. Mereka hidup di lingkungan yang ekstrem, seperti lingkungan dengan suhu tinggi atau lingkungan dengan kadar garam tinggi.

Heterotrof

  • Bakteri heterotrof: Bakteri heterotrof adalah bakteri yang tidak mampu melakukan fotosintesis. Mereka harus mendapatkan makanan dari organisme lain. Bakteri heterotrof dapat ditemukan di berbagai lingkungan, seperti tanah, air, dan udara.
  • Protozoa: Protozoa adalah organisme bersel tunggal yang heterotrof. Mereka hidup di lingkungan perairan, seperti laut, danau, dan sungai. Protozoa dapat memakan alga, bakteri, dan organisme kecil lainnya.

Cara hidup monera sangat beragam. Mereka dapat hidup di berbagai lingkungan, mulai dari lingkungan ekstrem hingga lingkungan yang lebih moderat. Mereka juga dapat hidup secara autotrof atau heterotrof.

Tags

Related Post

Leave a Comment