Konferensi Tingkat Tinggi Ktt Asean Yang Pertama Dilaksanakan Di

admin

Konferensi Tingkat Tinggi Ktt Asean Yang Pertama Dilaksanakan Di

Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN Pertama: Menandai Awal Kerja Sama Regional

Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN pertama diadakan di Bangkok, Thailand, pada 8-9 Agustus 1967. KTT ini dihadiri oleh para pemimpin dari lima negara pendiri ASEAN: Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand.

KTT ASEAN pertama menghasilkan Deklarasi Bangkok, yang menetapkan tujuan dan prinsip-prinsip dasar ASEAN. Deklarasi ini juga menyerukan pembentukan Sekretariat ASEAN, yang bertugas untuk mengoordinasikan kerja sama antar negara-negara anggota.

Beberapa bulan setelah KTT ASEAN pertama, Sekretariat ASEAN didirikan di Bangkok. Sekretariat ini dipimpin oleh seorang Sekretaris Jenderal, yang ditunjuk oleh para pemimpin negara-negara anggota ASEAN. Sekretaris Jenderal pertama ASEAN adalah Tun Abdul Razak Hussein, Perdana Menteri Malaysia.

KTT ASEAN kedua diadakan di Kuala Lumpur, Malaysia, pada 27-28 Februari 1976. KTT ini menghasilkan Deklarasi Kuala Lumpur, yang menegaskan kembali komitmen negara-negara anggota ASEAN terhadap tujuan dan prinsip-prinsip yang ditetapkan dalam Deklarasi Bangkok.

KTT ASEAN ketiga diadakan di Manila, Filipina, pada 4-5 Desember 1987. KTT ini menghasilkan Deklarasi Manila, yang menyerukan pembentukan Zona Perdagangan Bebas ASEAN (AFTA).

AFTA diluncurkan pada 1 Januari 1992. Dengan adanya AFTA, tarif bea masuk untuk perdagangan barang antara negara-negara anggota ASEAN dihapuskan. AFTA telah berkontribusi terhadap peningkatan perdagangan dan pertumbuhan ekonomi di kawasan ASEAN.

KTT ASEAN keempat diadakan di Singapura pada 27-28 Januari 1992. KTT ini menghasilkan Deklarasi Singapura, yang menetapkan tujuan untuk menciptakan Komunitas ASEAN pada tahun 2020.

Komunitas ASEAN didirikan pada 31 Desember 2015. Komunitas ASEAN terdiri dari tiga pilar, yaitu:

  • Pilar Politik-Keamanan
  • Pilar Ekonomi
  • Pilar Sosial-Budaya

Komunitas ASEAN bertujuan untuk memperkuat kerja sama dan integrasi di antara negara-negara anggota ASEAN di berbagai bidang, termasuk perdagangan, investasi, dan pariwisata.

KTT ASEAN pertama merupakan peristiwa penting dalam sejarah ASEAN. KTT ini menandai awal kerja sama regional yang telah berkontribusi terhadap perdamaian, stabilitas, dan kemakmuran di kawasan ASEAN.

Tags

Related Post

Leave a Comment