Kompas Kering Disebut

admin

Kompas Kering Disebut

Kompas Kering Disebut

Kompas kering adalah alat navigasi yang digunakan untuk menunjukkan arah mata angin. Kompas kering bekerja dengan menggunakan magnet yang bebas bergerak di dalam ruang tertutup. Magnet tersebut akan selalu menunjuk ke arah utara, sehingga pengguna kompas dapat mengetahui arah mata angin dengan mudah.

Kompas kering pertama kali ditemukan oleh orang Cina pada abad ke-11. Kompas kering tersebut terbuat dari jarum besi yang ditempelkan pada sepotong kayu. Jarum besi tersebut akan menunjuk ke arah utara ketika ditempatkan pada air. Kompas kering jenis ini disebut juga dengan kompas apung.

Pada abad ke-13, orang Eropa mulai menggunakan kompas kering. Kompas kering yang digunakan oleh orang Eropa terbuat dari jarum magnetik yang ditempelkan pada piringan datar. Piringan datar tersebut kemudian ditempatkan pada kotak kayu. Kompas kering jenis ini disebut juga dengan kompas datar.

Pada abad ke-16, kompas kering mulai digunakan secara luas oleh para pelaut. Kompas kering membantu para pelaut untuk menentukan arah perjalanan mereka. Dengan menggunakan kompas kering, para pelaut dapat menghindari tersesat di tengah laut.

Pada abad ke-19, kompas kering mulai ditinggalkan oleh para pelaut. Hal ini dikarenakan adanya penemuan kompas magnetik. Kompas magnetik lebih akurat daripada kompas kering, sehingga lebih disukai oleh para pelaut.

Saat ini, kompas kering masih digunakan oleh beberapa orang, seperti pendaki gunung dan penjelajah. Kompas kering juga digunakan sebagai alat bantu pembelajaran di sekolah-sekolah.

Jenis-jenis Kompas Kering

Ada beberapa jenis kompas kering yang tersedia di pasaran, antara lain:

  • Kompas apung: Kompas apung terbuat dari jarum besi yang ditempelkan pada sepotong kayu. Jarum besi tersebut akan menunjuk ke arah utara ketika ditempatkan pada air.
  • Kompas datar: Kompas datar terbuat dari jarum magnetik yang ditempelkan pada piringan datar. Piringan datar tersebut kemudian ditempatkan pada kotak kayu.
  • Kompas saku: Kompas saku adalah kompas kecil yang dapat dibawa di saku. Kompas saku biasanya terbuat dari plastik atau logam.
  • Kompas lensa: Kompas lensa adalah kompas yang menggunakan lensa untuk memperbesar jarum magnetik. Kompas lensa biasanya digunakan oleh pelaut dan pendaki gunung.

Cara Menggunakan Kompas Kering

Untuk menggunakan kompas kering, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pegang kompas dengan posisi datar.
  2. Putar kompas sehingga jarum magnetik sejajar dengan garis utara-selatan pada kompas.
  3. Arahkan kompas ke arah tujuan Anda.
  4. Baca arah mata angin yang ditunjukkan oleh kompas.

Kelebihan dan Kekurangan Kompas Kering

Kompas kering memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan, antara lain:

Kelebihan:

  • Mudah digunakan.
  • Tidak memerlukan baterai.
  • Harganya terjangkau.

Kekurangan:

  • Tidak seakurat kompas magnetik.
  • Dapat terpengaruh oleh medan magnet yang kuat.
  • Tidak dapat digunakan di dekat kutub magnet bumi.

Tags

Related Post

Leave a Comment