Kenapa Laut Mati Disebut Laut Bukan Danau

admin

Kenapa Laut Mati Disebut Laut Bukan Danau

Laut Mati bukanlah laut, melainkan sebuah danau. Laut Mati terletak di perbatasan antara Israel dan Yordania. Laut Mati adalah danau terendah di dunia, dengan permukaannya berada di 423 meter di bawah permukaan laut. Laut Mati juga merupakan salah satu danau terasin di dunia, dengan salinitas yang mencapai 30%.

Laut Mati disebut laut karena ukurannya yang besar dan karena airnya yang asin. Namun, Laut Mati tidak memiliki arus laut dan tidak terhubung dengan lautan mana pun. Oleh karena itu, Laut Mati lebih tepat disebut sebagai danau.

Ada beberapa alasan mengapa Laut Mati disebut laut bukan danau. Pertama, Laut Mati disebut laut karena ukurannya yang besar. Luas permukaan Laut Mati mencapai 650 kilometer persegi, yang lebih besar dari luas permukaan banyak danau di dunia. Kedua, Laut Mati disebut laut karena airnya yang asin. Salinitas air Laut Mati mencapai 30%, yang lebih asin dari air laut pada umumnya. Ketiga, Laut Mati disebut laut karena lokasinya. Laut Mati terletak di antara dua negara, Israel dan Yordania. Oleh karena itu, Laut Mati dianggap sebagai perbatasan antara kedua negara tersebut.

Namun, ada juga beberapa alasan mengapa Laut Mati lebih tepat disebut sebagai danau. Pertama, Laut Mati tidak memiliki arus laut. Arus laut adalah aliran air yang bergerak secara horizontal di lautan. Laut Mati tidak memiliki arus laut karena tidak terhubung dengan lautan mana pun. Kedua, Laut Mati tidak memiliki pasang surut. Pasang surut adalah naik turunnya permukaan air laut yang disebabkan oleh gaya tarik bulan dan matahari. Laut Mati tidak memiliki pasang surut karena tidak terhubung dengan lautan mana pun. Ketiga, Laut Mati memiliki endapan garam yang tinggi. Endapan garam yang tinggi di Laut Mati disebabkan oleh penguapan air yang tinggi.

Berdasarkan alasan-alasan tersebut, Laut Mati lebih tepat disebut sebagai danau daripada laut.

Tags

Related Post

Leave a Comment