Kekuatan Militer Yaman

admin

Kekuatan Militer Yaman

Kekuatan Militer Yaman

Latar Belakang

Yaman adalah negara yang terletak di Semenanjung Arab. Yaman berbatasan dengan Arab Saudi di utara, Oman di timur, dan Laut Arab di selatan dan barat. Yaman memiliki penduduk sekitar 28,7 juta jiwa dan luas wilayah sekitar 527.970 km². Ibu kota Yaman adalah Sana’a.

Kekuatan Militer

Kekuatan militer Yaman terbagi menjadi tiga bagian, yaitu Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara. Angkatan Darat Yaman memiliki kekuatan sekitar 100.000 personel, Angkatan Laut Yaman memiliki kekuatan sekitar 7.000 personel, dan Angkatan Udara Yaman memiliki kekuatan sekitar 5.000 personel.

Angkatan Darat

Angkatan Darat Yaman memiliki tiga cabang, yaitu pasukan infanteri, pasukan kavaleri, dan pasukan artileri. Pasukan infanteri merupakan cabang terbesar Angkatan Darat Yaman, dengan kekuatan sekitar 60.000 personel. Pasukan kavaleri memiliki kekuatan sekitar 20.000 personel, dan pasukan artileri memiliki kekuatan sekitar 20.000 personel.

Angkatan Laut

Angkatan Laut Yaman memiliki tiga cabang, yaitu kapal perang, kapal selam, dan pesawat terbang. Kapal perang Angkatan Laut Yaman terdiri dari 12 kapal perusak, 8 kapal frigat, 6 kapal korvet, dan 10 kapal patroli. Kapal selam Angkatan Laut Yaman terdiri dari 3 kapal selam diesel-listrik. Pesawat terbang Angkatan Laut Yaman terdiri dari 12 pesawat patroli maritim dan 6 helikopter antikapal selam.

Angkatan Udara

Angkatan Udara Yaman memiliki tiga cabang, yaitu pesawat tempur, pesawat pengebom, dan pesawat transportasi. Pesawat tempur Angkatan Udara Yaman terdiri dari 12 pesawat tempur F-5E Tiger II, 12 pesawat tempur MiG-29, dan 6 pesawat tempur Su-27. Pesawat pengebom Angkatan Udara Yaman terdiri dari 6 pesawat pengebom Su-24. Pesawat transportasi Angkatan Udara Yaman terdiri dari 12 pesawat angkut C-130 Hercules dan 6 pesawat angkut Il-76.

Kekuatan Militer Yaman dalam Konflik Yaman

Konflik Yaman merupakan perang saudara yang berlangsung di Yaman sejak tahun 2014. Perang ini melibatkan pemerintah Yaman yang didukung oleh koalisi negara-negara Arab, melawan kelompok Houthi yang didukung oleh Iran.

Konflik Yaman telah menyebabkan krisis kemanusiaan yang parah. PBB memperkirakan bahwa sekitar 24 juta orang di Yaman membutuhkan bantuan kemanusiaan, dan sekitar 11 juta orang menghadapi kelaparan.

Kekuatan militer Yaman telah memainkan peran penting dalam konflik Yaman. Angkatan Darat Yaman telah terlibat dalam pertempuran melawan kelompok Houthi di berbagai wilayah Yaman. Angkatan Laut Yaman telah memblokade pelabuhan-pelabuhan di Yaman yang dikuasai oleh kelompok Houthi. Angkatan Udara Yaman telah melakukan serangan udara terhadap posisi-posisi kelompok Houthi.

Kesimpulan

Kekuatan militer Yaman merupakan salah satu kekuatan militer terbesar di Timur Tengah. Kekuatan militer Yaman telah memainkan peran penting dalam konflik Yaman. Namun, kekuatan militer Yaman juga menghadapi sejumlah tantangan, seperti kurangnya sumber daya dan kurangnya pelatihan.

Tags

Related Post

Leave a Comment