Irak Vs Indonesia

admin

Irak Vs Indonesia

Irak vs Indonesia: Perbandingan Dua Negara

Irak dan Indonesia adalah dua negara yang sama-sama berpenduduk mayoritas Muslim. Namun, kedua negara ini memiliki banyak perbedaan dalam hal budaya, politik, dan ekonomi.

Letak Geografis

Irak terletak di Timur Tengah, sedangkan Indonesia terletak di Asia Tenggara. Irak berbatasan dengan Arab Saudi, Yordania, Suriah, Turki, dan Iran. Sedangkan Indonesia berbatasan dengan Malaysia, Singapura, Filipina, Timor Leste, dan Papua Nugini.

Luas Wilayah

Luas wilayah Irak sekitar 438.317 kilometer persegi, sedangkan luas wilayah Indonesia sekitar 1.904.569 kilometer persegi. Dengan demikian, Indonesia lebih luas daripada Irak.

Jumlah Penduduk

Jumlah penduduk Irak sekitar 39 juta jiwa, sedangkan jumlah penduduk Indonesia sekitar 270 juta jiwa. Dengan demikian, Indonesia lebih padat penduduknya daripada Irak.

Agama

Agama mayoritas di Irak adalah Islam Sunni, sedangkan agama mayoritas di Indonesia adalah Islam Sunni dan Syiah. Selain itu, di Indonesia juga terdapat agama Kristen, Hindu, Buddha, dan Konghucu.

Bahasa

Bahasa resmi Irak adalah bahasa Arab, sedangkan bahasa resmi Indonesia adalah bahasa Indonesia. Selain itu, di Irak juga digunakan bahasa Kurdi, sedangkan di Indonesia juga digunakan bahasa Jawa, Sunda, dan Melayu.

Politik

Irak adalah negara republik, sedangkan Indonesia adalah negara kesatuan. Presiden Irak adalah kepala negara dan kepala pemerintahan, sedangkan presiden Indonesia adalah kepala negara dan perdana menteri adalah kepala pemerintahan.

Ekonomi

Ekonomi Irak didasarkan pada minyak bumi, sedangkan ekonomi Indonesia didasarkan pada pertanian, pertambangan, dan pariwisata. PDB Irak sekitar 190 miliar dolar AS, sedangkan PDB Indonesia sekitar 1.058 miliar dolar AS.

Konflik

Irak telah mengalami banyak konflik dalam beberapa tahun terakhir, termasuk Perang Teluk Persia dan Perang Irak. Sedangkan Indonesia relatif lebih stabil, meskipun pernah mengalami konflik di Aceh dan Papua.

Kesimpulan

Irak dan Indonesia adalah dua negara yang berbeda dalam banyak hal. Namun, kedua negara ini sama-sama memiliki potensi untuk berkembang di masa depan.

Tags

Related Post

Leave a Comment