Hasil Olahan Minyak Bumi Yang Digunakan Untuk Bahan Baku Lilin Disebut

admin

Hasil Olahan Minyak Bumi Yang Digunakan Untuk Bahan Baku Lilin Disebut

Parafin, Hasil Olahan Minyak Bumi yang Digunakan untuk Bahan Baku Lilin

Lilin merupakan salah satu benda yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Lilin digunakan sebagai sumber penerangan, dekorasi, dan bahkan untuk keperluan ritual keagamaan. Lilin terbuat dari berbagai bahan, tetapi bahan yang paling umum digunakan adalah parafin.

Parafin adalah hasil olahan minyak bumi yang berupa senyawa hidrokarbon. Parafin memiliki tekstur yang lembut, mudah dibentuk, dan memiliki titik leleh yang rendah. Sifat-sifat tersebut membuat parafin menjadi bahan yang ideal untuk pembuatan lilin.

Proses pembuatan lilin dari parafin dimulai dengan memanaskan parafin hingga mencair. Kemudian, pewarna dan pewangi ditambahkan ke dalam parafin cair. Setelah itu, parafin cair dituang ke dalam cetakan dan dibiarkan dingin hingga mengeras. Setelah mengeras, lilin siap digunakan.

Selain untuk pembuatan lilin, parafin juga digunakan untuk berbagai keperluan lainnya, seperti:

  • Pelumas: Parafin digunakan sebagai pelumas untuk berbagai jenis mesin dan peralatan.
  • Kosmetik: Parafin digunakan sebagai bahan baku untuk pembuatan berbagai jenis kosmetik, seperti lipstik, bedak, dan krim wajah.
  • Makanan: Parafin digunakan sebagai bahan pelapis untuk berbagai jenis makanan, seperti keju dan buah-buahan.
  • Kemasan: Parafin digunakan sebagai bahan baku untuk pembuatan berbagai jenis kemasan, seperti karton dan plastik.

Parafin merupakan hasil olahan minyak bumi yang sangat berguna. Parafin digunakan untuk berbagai keperluan, mulai dari pembuatan lilin hingga pembuatan kemasan.

Tags

Related Post

Leave a Comment