Gambaran Secara Umum Tentang Apa Mengapa Dan Bagaimana Proses Peristiwa Alam Tersebut Bisa Terjadi Merupakan Bagian Dari Teks Eksplanasi Yang Disebut

admin

Gambaran Secara Umum Tentang Apa Mengapa Dan Bagaimana Proses Peristiwa Alam Tersebut Bisa Terjadi Merupakan Bagian Dari Teks Eksplanasi Yang Disebut

Struktur Teks Eksplanasi

Teks eksplanasi merupakan salah satu jenis teks nonfiksi yang bertujuan untuk memberikan penjelasan tentang suatu fenomena alam, sosial, budaya, atau ilmu pengetahuan. Teks eksplanasi biasanya disusun dengan menggunakan struktur yang jelas dan sistematis, sehingga memudahkan pembaca untuk memahami isi teks. Struktur teks eksplanasi pada umumnya terdiri dari:

  • Pernyataan Umum

Pernyataan umum merupakan bagian awal dari teks eksplanasi yang berisi tentang gambaran secara umum tentang apa, mengapa, dan bagaimana suatu proses atau peristiwa alam terjadi. Pernyataan umum biasanya berupa kalimat topik yang kemudian akan dikembangkan pada bagian-bagian berikutnya.

  • Deretan Penjelas

Deretan penjelas merupakan bagian tengah dari teks eksplanasi yang berisi tentang penjelasan rinci tentang bagaimana proses atau peristiwa alam tersebut terjadi. Deretan penjelas biasanya disusun secara kronologis atau berdasarkan urutan waktu terjadinya peristiwa.

  • Simpulan

Simpulan merupakan bagian akhir dari teks eksplanasi yang berisi tentang ringkasan atau kesimpulan dari penjelasan yang telah diberikan pada bagian-bagian sebelumnya. Simpulan biasanya berupa penegasan kembali tentang apa, mengapa, dan bagaimana suatu proses atau peristiwa alam terjadi.

Ciri-Ciri Teks Eksplanasi

Teks eksplanasi memiliki beberapa ciri-ciri yang khas, antara lain:

  • Menggunakan Bahasa yang Baku dan Formal

Teks eksplanasi menggunakan bahasa yang baku dan formal, sehingga mudah dipahami dan tidak menimbulkan salah paham.

  • Memuat Fakta dan Data yang Akurat

Teks eksplanasi memuat fakta dan data yang akurat dan dapat dipertanggung jawabkan. Fakta dan data tersebut biasanya diperoleh dari hasil penelitian atau pengamatan langsung.

  • Disusun Secara Sistematis dan Kronologis

Teks eksplanasi disusun secara sistematis dan kronologis, sehingga memudahkan pembaca untuk memahami isi teks.

  • Menggunakan Kalimat Kompleks

Teks eksplanasi menggunakan kalimat kompleks yang terdiri dari klausa utama dan klausa bawahan. Kalimat kompleks digunakan untuk menjelaskan hubungan sebab akibat, serta untuk memberikan informasi tambahan.

  • Menggunakan Istilah-Istilah Teknis

Teks eksplanasi sering menggunakan istilah-istilah teknis yang berkaitan dengan bidang ilmu pengetahuan yang dibahas. Istilah-istilah teknis tersebut biasanya dijelaskan pada bagian glosarium atau catatan kaki.

Contoh Teks Eksplanasi

Berikut ini adalah contoh teks eksplanasi tentang terjadinya proses fotosintesis:

Pernyataan Umum

Fotosintesis merupakan proses biokimia yang dilakukan oleh tumbuhan hijau dan beberapa organisme lain untuk mengubah energi cahaya matahari menjadi energi kimia dalam bentuk glukosa. Fotosintesis merupakan proses yang penting bagi kehidupan di Bumi, karena menghasilkan oksigen yang kita hirup dan makanan yang kita makan.

Deretan Penjelas

Fotosintesis terjadi di dalam kloroplas, yang merupakan organel kecil yang terdapat di dalam sel tumbuhan. Kloroplas mengandung pigmen fotosintesis yang disebut klorofil, yang menyerap energi cahaya matahari. Energi cahaya matahari digunakan untuk memecah molekul air menjadi hidrogen dan oksigen. Hidrogen digunakan untuk membentuk glukosa, sedangkan oksigen dilepaskan ke atmosfer.

Proses fotosintesis dapat diringkas dengan persamaan kimia berikut:

6CO2 + 6H2O + cahaya matahari → C6H12O6 + 6O2

Simpulan

Fotosintesis merupakan proses biokimia yang penting bagi kehidupan di Bumi. Fotosintesis menghasilkan oksigen yang kita hirup dan makanan yang kita makan. Proses fotosintesis terjadi di dalam kloroplas, yang merupakan organel kecil yang terdapat di dalam sel tumbuhan. Kloroplas mengandung pigmen fotosintesis yang disebut klorofil, yang menyerap energi cahaya matahari. Energi cahaya matahari digunakan untuk memecah molekul air menjadi hidrogen dan oksigen. Hidrogen digunakan untuk membentuk glukosa, sedangkan oksigen dilepaskan ke atmosfer.

Tags

Related Post

Leave a Comment