Efek Vaksin Polio Tetes

admin

Efek Vaksin Polio Tetes

Efek Vaksin Polio Tetes

Vaksin polio tetes adalah salah satu vaksin yang diberikan kepada anak-anak untuk mencegah penyakit polio. Vaksin ini diberikan melalui mulut dan mengandung virus polio yang telah dilemahkan. Vaksin polio tetes sangat efektif dalam mencegah penyakit polio, dan telah berhasil memberantas penyakit ini di banyak negara.

Efek Samping Vaksin Polio Tetes

Vaksin polio tetes umumnya aman dan memiliki sedikit efek samping. Efek samping yang paling umum adalah demam ringan, mual, dan muntah. Efek samping ini biasanya berlangsung selama 1-2 hari.

Pada kasus yang sangat jarang, vaksin polio tetes dapat menyebabkan efek samping yang lebih serius, seperti:

  • Kelumpuhan
  • Meningitis
  • Kematian

Namun, risiko efek samping yang serius dari vaksin polio tetes sangat rendah. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), risiko kelumpuhan akibat vaksin polio tetes adalah sekitar 1 kasus per 2,4 juta dosis. Risiko meningitis akibat vaksin polio tetes adalah sekitar 1 kasus per 10 juta dosis. Dan risiko kematian akibat vaksin polio tetes adalah sekitar 1 kasus per 100 juta dosis.

Manfaat Vaksin Polio Tetes

Vaksin polio tetes sangat efektif dalam mencegah penyakit polio. Penyakit polio adalah penyakit yang sangat berbahaya dan dapat menyebabkan kelumpuhan dan kematian. Sebelum vaksin polio ditemukan, penyakit polio merupakan salah satu penyakit yang paling ditakuti di dunia.

Vaksin polio tetes telah membantu memberantas penyakit polio di banyak negara. Di Amerika Serikat, kasus terakhir penyakit polio yang dilaporkan terjadi pada tahun 1979. Di Indonesia, kasus terakhir penyakit polio yang dilaporkan terjadi pada tahun 2006.

Siapa yang Harus Mendapatkan Vaksin Polio Tetes?

Semua anak harus mendapatkan vaksin polio tetes. Vaksin ini diberikan dalam beberapa dosis, dimulai pada usia 2 bulan. Dosis terakhir vaksin polio tetes diberikan pada usia 4-6 tahun.

Jika Anda tidak yakin apakah Anda atau anak Anda telah mendapatkan vaksin polio tetes, bicarakan dengan dokter Anda.

Efektivitas Vaksin Polio Tetes

Vaksin polio tetes sangat efektif dalam mencegah penyakit polio. Efektivitas vaksin polio tetes diperkirakan mencapai 99%. Ini berarti bahwa 99% orang yang mendapatkan vaksin polio tetes akan terlindungi dari penyakit polio.

Keamanan Vaksin Polio Tetes

Vaksin polio tetes umumnya aman dan memiliki sedikit efek samping. Efek samping yang paling umum adalah demam ringan, mual, dan muntah. Efek samping ini biasanya berlangsung selama 1-2 hari.

Pada kasus yang sangat jarang, vaksin polio tetes dapat menyebabkan efek samping yang lebih serius, seperti kelumpuhan, meningitis, dan kematian. Namun, risiko efek samping yang serius dari vaksin polio tetes sangat rendah.

Tags

Related Post

Leave a Comment