Den Toto

admin

Den Toto

Judul: Den Toto: Sang Legenda Tari Indonesia

Den Toto atau yang memiliki nama lengkap Raden Mas Toto Darsono adalah seorang maestro tari Indonesia yang lahir di Surakarta, Jawa Tengah, pada tanggal 15 Desember 1927. Ia dikenal sebagai salah satu penari dan koreografer tari Jawa yang paling terkenal dan berpengaruh.

Den Toto mengawali kariernya sebagai penari pada tahun 1945 di Istana Mangkunegaran, Surakarta. Ia kemudian menjadi penari utama di istana tersebut pada tahun 1951. Pada tahun 1955, ia mendirikan sekolah tari sendiri bernama Tari Rakyat Den Toto. Sekolah tari ini menjadi tempat belajar tari bagi banyak penari terkenal Indonesia, seperti Sardono W. Kusumo dan Retno Maruti.

Den Toto dikenal dengan gaya tarinya yang unik dan ekspresif. Ia tidak hanya pandai dalam menari tari Jawa klasik, tetapi juga tari-tari daerah lain di Indonesia. Ia juga seorang koreografer yang handal. Beberapa karya koreografinya yang terkenal antara lain Tari Bedhaya Ketawang, Tari Srimpi, dan Tari Golek.

Pada tahun 1965, Den Toto diangkat menjadi Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah. Ia kemudian menjabat sebagai Rektor Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta dari tahun 1984 hingga 1989.

Den Toto telah menerima banyak penghargaan atas kontribusinya terhadap dunia tari Indonesia. Beberapa di antaranya adalah Anugerah Seni Akademi Jakarta (1976), Penghargaan Akademi Seni Tari Indonesia (1983), dan Bintang Mahaputra Utama (2003).

Den Toto meninggal dunia di Surakarta pada tanggal 31 Oktober 2014 dalam usia 86 tahun. Ia meninggalkan warisan yang sangat besar bagi dunia tari Indonesia. Gaya tarinya yang unik dan ekspresif serta karya-karya koreografinya yang terkenal akan terus dikenang dan menginspirasi generasi mendatang.

Berikut adalah beberapa fakta menarik tentang Den Toto:

  • Den Toto adalah seorang penari kidal. Ia menggunakan tangan kirinya untuk menari, bukan tangan kanannya.
  • Den Toto dikenal sebagai penari yang sangat disiplin. Ia selalu berlatih keras dan tidak pernah menyerah.
  • Den Toto adalah seorang koreografer yang sangat kreatif. Ia selalu menciptakan karya-karya koreografi yang baru dan inovatif.
  • Den Toto adalah seorang guru tari yang sangat sabar dan telaten. Ia selalu mengajari murid-muridnya dengan sabar dan tidak pernah marah.
  • Den Toto adalah seorang seniman yang sangat rendah hati. Ia tidak pernah sombong meskipun ia telah mencapai banyak prestasi.

Den Toto adalah seorang maestro tari Indonesia yang sangat berbakat dan berpengaruh. Ia telah meninggalkan warisan yang sangat besar bagi dunia tari Indonesia. Gaya tarinya yang unik dan ekspresif serta karya-karya koreografinya yang terkenal akan terus dikenang dan menginspirasi generasi mendatang.

Tags

Related Post

Leave a Comment