Dalam Mencapai Keinginan Atau Cita-Cita Manusia Wajib Berikhtiar Ikhtiar Berarti

admin

Dalam Mencapai Keinginan Atau Cita-Cita Manusia Wajib Berikhtiar Ikhtiar Berarti

Dalam mencapai keinginan atau cita-cita, manusia wajib berusaha atau berikhtiar. Ikhtiar berarti berusaha dengan sungguh-sungguh dan tidak menyerah untuk mewujudkan keinginan atau cita-cita tersebut.

Ada beberapa alasan mengapa manusia wajib berusaha atau berikhtiar dalam mencapai keinginan atau cita-citanya. Pertama, manusia adalah makhluk pilihan. Artinya, manusia diberi kemampuan untuk memilih dan menentukan jalan hidupnya sendiri. Oleh karena itu, manusia memiliki tanggung jawab untuk berusaha mewujudkan keinginan atau cita-citanya.

Kedua, manusia adalah makhluk yang berakal. Artinya, manusia diberi kemampuan untuk berpikir dan bernalar. Oleh karena itu, manusia mampu menyusun strategi dan langkah-langkah untuk mencapai keinginan atau cita-citanya.

Ketiga, manusia adalah makhluk sosial. Artinya, manusia hidup berdampingan dengan manusia lainnya. Oleh karena itu, manusia harus berusaha untuk tidak merugikan orang lain dalam mencapai keinginan atau cita-citanya.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan manusia untuk berusaha atau berikhtiar dalam mencapai keinginan atau cita-citanya. Pertama, manusia harus memiliki tujuan yang jelas. Artinya, manusia harus tahu apa yang ingin dicapainya. Jika tujuannya tidak jelas, maka manusia akan kesulitan untuk berusaha mencapainya.

Kedua, manusia harus menyusun rencana yang matang. Artinya, manusia harus tahu apa saja yang harus dilakukan untuk mencapai tujuannya. Jika rencananya tidak matang, maka manusia akan kesulitan untuk melaksanakannya.

Ketiga, manusia harus berusaha dengan sungguh-sungguh. Artinya, manusia harus mengerahkan seluruh kemampuannya untuk mencapai tujuannya. Jika manusia tidak berusaha dengan sungguh-sungguh, maka ia akan sulit mencapai tujuannya.

Keempat, manusia harus pantang menyerah. Artinya, manusia tidak boleh menyerah meskipun menghadapi berbagai rintangan dan tantangan. Jika manusia menyerah, maka ia tidak akan pernah mencapai tujuannya.

Kelima, manusia harus selalu berdoa kepada Tuhan. Artinya, manusia harus memohon pertolongan kepada Tuhan agar diberi kemudahan dalam mencapai tujuannya. Jika manusia tidak berdoa, maka ia akan sulit mencapai tujuannya.

Berusaha atau berikhtiar dalam mencapai keinginan atau cita-cita adalah kewajiban manusia. Namun, manusia tidak boleh melupakan bahwa hasil akhir dari usahanya tersebut adalah hak prerogatif Tuhan. Manusia hanya berkewajiban untuk berusaha, sedangkan hasilnya diserahkan kepada Tuhan.

Jika manusia telah berusaha dengan sungguh-sungguh, maka ia tidak perlu khawatir akan hasilnya. Tuhan pasti akan memberikan hasil yang terbaik untuknya.

Tags

Related Post

Leave a Comment