Cara Cek Kartu Kis Dapat Bantuan

admin

Cara Cek Kartu Kis Dapat Bantuan

Cara Cek Kartu KIS Dapat Bantuan atau Tidak

Kartu Indonesia Sehat (KIS) adalah program pemerintah yang memberikan jaminan kesehatan bagi masyarakat miskin dan tidak mampu. Dengan KIS, masyarakat bisa mendapatkan pelayanan kesehatan gratis di fasilitas kesehatan milik pemerintah dan swasta yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.

Salah satu pertanyaan yang sering ditanyakan oleh pemegang KIS adalah bagaimana cara mengetahui apakah kartu KIS mereka dapat bantuan atau tidak. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengeceknya:

1. Melalui Aplikasi Mobile JKN

Aplikasi Mobile JKN dapat diunduh melalui Google Play Store atau App Store. Setelah aplikasi terinstal, buka aplikasi dan login menggunakan nomor kartu KIS dan tanggal lahir Anda.

Setelah berhasil login, Anda akan melihat halaman utama aplikasi. Di halaman ini, Anda akan menemukan informasi tentang kartu KIS Anda, termasuk status bantuannya.

Jika kartu KIS Anda dapat bantuan, maka akan tertulis "Aktif" di bawah kolom "Status Bantuan". Jika kartu KIS Anda tidak dapat bantuan, maka akan tertulis "Tidak Aktif" di bawah kolom "Status Bantuan".

2. Melalui Website BPJS Kesehatan

Anda juga dapat mengecek status bantuan KIS Anda melalui website BPJS Kesehatan. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka website BPJS Kesehatan di www.bpjs-kesehatan.go.id.
  2. Klik menu "Cek Status Kepesertaan".
  3. Masukkan nomor kartu KIS Anda dan tanggal lahir Anda.
  4. Klik tombol "Cari".

Setelah itu, akan muncul informasi tentang kartu KIS Anda, termasuk status bantuannya.

Jika kartu KIS Anda dapat bantuan, maka akan tertulis "Aktif" di bawah kolom "Status Bantuan". Jika kartu KIS Anda tidak dapat bantuan, maka akan tertulis "Tidak Aktif" di bawah kolom "Status Bantuan".

3. Melalui Call Center BPJS Kesehatan

Anda juga dapat mengecek status bantuan KIS Anda melalui call center BPJS Kesehatan di 165.

Setelah tersambung dengan petugas call center, sampaikan bahwa Anda ingin mengecek status bantuan KIS Anda. Petugas call center akan meminta Anda untuk menyebutkan nomor kartu KIS dan tanggal lahir Anda.

Setelah itu, petugas call center akan mengecek status bantuan KIS Anda dan menyampaikan hasilnya kepada Anda.

4. Melalui Kantor BPJS Kesehatan

Anda juga dapat mengecek status bantuan KIS Anda dengan mendatangi kantor BPJS Kesehatan terdekat.

Setelah sampai di kantor BPJS Kesehatan, sampaikan kepada petugas bahwa Anda ingin mengecek status bantuan KIS Anda. Petugas akan meminta Anda untuk menunjukkan kartu KIS dan KTP Anda.

Setelah itu, petugas akan mengecek status bantuan KIS Anda dan menyampaikan hasilnya kepada Anda.

Jika Anda masih mengalami kesulitan untuk mengecek status bantuan KIS Anda, maka sebaiknya Anda menghubungi kantor BPJS Kesehatan terdekat untuk mendapatkan bantuan.

Tags

Related Post

Leave a Comment