Bolehkah Puasa Rajab Tapi Belum Membayar Hutang Puasa Ramadhan

admin

Bolehkah Puasa Rajab Tapi Belum Membayar Hutang Puasa Ramadhan

Bolehkah Puasa Rajab Tapi Belum Membayar Hutang Puasa Ramadhan?

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang suci bagi umat Islam. Setiap Muslim diwajibkan untuk berpuasa di bulan tersebut. Namun, ada beberapa orang yang tidak dapat berpuasa karena berbagai alasan, seperti sakit, bepergian, atau hamil.

Bagi orang-orang yang tidak dapat berpuasa di bulan Ramadhan, mereka wajib mengganti puasa tersebut di bulan lain. Waktu untuk mengganti puasa Ramadhan adalah sebelum datangnya bulan Ramadhan berikutnya.

Lantas, bagaimana jika seseorang belum membayar hutang puasa Ramadhan tetapi ingin berpuasa Rajab? Apakah diperbolehkan?

Menurut pendapat mayoritas ulama, tidak diperbolehkan berpuasa Rajab bagi orang yang masih memiliki hutang puasa Ramadhan. Hal ini karena puasa Rajab merupakan puasa sunnah, sedangkan puasa Ramadhan merupakan puasa wajib.

Ibnu Qudamah Al-Maqdisi dalam kitab Al-Mughni, mengatakan bahwa:

"Tidak diperbolehkan bagi orang yang memiliki hutang puasa Ramadhan untuk berpuasa sunnah apa pun, seperti puasa Rajab, sebelum ia membayar hutang puasanya."

Pendapat ini juga dikuatkan oleh Imam An-Nawawi dalam kitab Al-Majmu’. Beliau mengatakan bahwa:

"Tidak diperbolehkan bagi orang yang memiliki hutang puasa Ramadhan untuk berpuasa sunnah apa pun, seperti puasa Rajab, sebelum ia membayar hutang puasanya."

Namun, ada juga sebagian ulama yang berpendapat bahwa diperbolehkan bagi orang yang memiliki hutang puasa Ramadhan untuk berpuasa Rajab. Hal ini didasarkan pada hadits Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Abu Daud dan Tirmidzi:

"Barangsiapa yang berpuasa sehari di bulan Rajab, maka Allah akan menulis kebaikan seperti berpuasa setahun."

Hadits ini menunjukkan bahwa puasa Rajab memiliki keutamaan yang besar. Oleh karena itu, sebagian ulama berpendapat bahwa diperbolehkan bagi orang yang memiliki hutang puasa Ramadhan untuk berpuasa Rajab, dengan tujuan untuk mendapatkan keutamaan tersebut.

Namun, pendapat yang lebih kuat adalah pendapat yang mengatakan bahwa tidak diperbolehkan bagi orang yang memiliki hutang puasa Ramadhan untuk berpuasa Rajab. Hal ini karena puasa Ramadhan merupakan puasa wajib, sedangkan puasa Rajab merupakan puasa sunnah.

Oleh karena itu, bagi orang yang memiliki hutang puasa Ramadhan, sebaiknya ia fokus untuk membayar hutang puasanya terlebih dahulu. Setelah hutang puasanya lunas, barulah ia dapat berpuasa Rajab.

Tags

Related Post

Leave a Comment