Berikut Ini Salah Satu Penyebab Tidak Berkembangnya Ilmu Pengetahuan Di Indonesia Pada Zaman Kolonial Adalah

admin

Berikut Ini Salah Satu Penyebab Tidak Berkembangnya Ilmu Pengetahuan Di Indonesia Pada Zaman Kolonial Adalah

Salah Satu Penyebab Tidak Berkembangnya Ilmu Pengetahuan di Indonesia pada Zaman Kolonial

Zaman kolonial merupakan masa ketika Indonesia dijajah oleh bangsa asing. Selama masa penjajahan, terjadi banyak sekali perubahan dan perkembangan di berbagai bidang, termasuk dalam bidang ilmu pengetahuan. Namun, ironisnya, ilmu pengetahuan di Indonesia pada masa kolonial justru mengalami kemunduran. Ada beberapa penyebab yang melatarbelakangi hal tersebut, salah satunya adalah kebijakan pemerintah kolonial yang represif.

Pada masa kolonial, pemerintah Belanda menerapkan kebijakan yang sangat ketat dalam bidang pendidikan. Pemerintah membatasi akses masyarakat Indonesia terhadap pendidikan, terutama pendidikan tinggi. Hal ini menyebabkan jumlah sarjana di Indonesia sangat sedikit. Pada tahun 1900, hanya ada sekitar 100 orang sarjana Indonesia.

Selain itu, pemerintah kolonial juga melarang masyarakat Indonesia untuk mendirikan lembaga-lembaga pendidikan sendiri. Akibatnya, masyarakat Indonesia tidak memiliki tempat untuk belajar dan mengembangkan ilmu pengetahuan.

Pemerintah kolonial juga melakukan sensor terhadap buku-buku dan bacaan yang masuk ke Indonesia. Buku-buku yang dianggap mengandung ajaran yang bertentangan dengan pemerintah kolonial dilarang beredar. Hal ini menyebabkan masyarakat Indonesia tidak memiliki akses terhadap informasi dan pengetahuan yang dibutuhkan.

Akibat dari kebijakan-kebijakan represif pemerintah kolonial tersebut, ilmu pengetahuan di Indonesia pada masa kolonial mengalami kemunduran. Hal ini berdampak pada berbagai bidang, mulai dari bidang ekonomi, politik, hingga sosial budaya.

Dalam bidang ekonomi, kemunduran ilmu pengetahuan menyebabkan Indonesia tidak mampu mengembangkan sektor-sektor ekonomi yang bernilai tambah tinggi. Indonesia hanya menjadi negara pemasok bahan baku bagi negara-negara industri.

Dalam bidang politik, kemunduran ilmu pengetahuan menyebabkan Indonesia tidak mampu membangun sistem politik yang demokratis dan mandiri. Indonesia masih sangat tergantung pada negara kolonial dalam berbagai hal, termasuk dalam hal pembuatan kebijakan.

Dalam bidang sosial budaya, kemunduran ilmu pengetahuan menyebabkan masyarakat Indonesia menjadi tertinggal dalam berbagai bidang. Masyarakat Indonesia tidak mampu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang terjadi di dunia.

Dampak dari kemunduran ilmu pengetahuan di Indonesia pada masa kolonial masih terasa hingga saat ini. Indonesia masih tertinggal dalam berbagai bidang, baik di bidang ekonomi, politik, maupun sosial budaya. Untuk mengejar ketertinggalan tersebut, Indonesia perlu melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Tags

Related Post

Leave a Comment