Bahasa Resmi Unesco

admin

Bahasa Resmi Unesco

Bahasa Resmi UNESCO

UNESCO, atau Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa, adalah badan khusus PBB yang mempromosikan perdamaian, keamanan, dan kerja sama melalui pendidikan, sains, budaya, dan komunikasi. Didirikan pada tahun 1945, UNESCO mempunyai 193 negara anggota dan 10 anggota asosiasi.

UNESCO menggunakan enam bahasa resmi, yaitu:

  • Inggris
  • Prancis
  • Spanyol
  • Arab
  • Rusia
  • Tiongkok

Keenam bahasa ini digunakan dalam semua komunikasi resmi UNESCO, termasuk dokumen, publikasi, dan pidato. UNESCO juga menggunakan bahasa-bahasa resmi negara anggota lainnya dalam kegiatan-kegiatannya di negara-negara tersebut.

Penggunaan enam bahasa resmi UNESCO mencerminkan keragaman bahasa dan budaya di dunia. UNESCO percaya bahwa penggunaan bahasa yang berbeda penting untuk mempromosikan dialog dan pengertian antar budaya.

UNESCO juga mempromosikan penggunaan bahasa asli dan bahasa daerah di seluruh dunia. UNESCO percaya bahwa bahasa asli dan bahasa daerah penting untuk pelestarian budaya dan identitas.

UNESCO telah melakukan berbagai upaya untuk mempromosikan penggunaan bahasa asli dan bahasa daerah. Pada tahun 2003, UNESCO mengadopsi Konvensi tentang Pelestarian Warisan Budaya Takbenda, yang mengakui pentingnya bahasa asli dan bahasa daerah sebagai bagian dari warisan budaya takbenda.

Pada tahun 2009, UNESCO meluncurkan Program Bahasa Dunia dalam Bahaya, yang bertujuan untuk melestarikan bahasa-bahasa yang terancam punah. Program ini memberikan dukungan keuangan dan teknis kepada masyarakat adat dan organisasi nirlaba untuk melestarikan bahasa-bahasa mereka.

UNESCO juga mempromosikan penggunaan bahasa asli dan bahasa daerah dalam pendidikan. Pada tahun 2012, UNESCO mengadopsi Kebijakan Bahasa dalam Pendidikan, yang mendorong negara-negara anggota untuk menggunakan bahasa asli dan bahasa daerah dalam pendidikan.

Kebijakan ini didasarkan pada penelitian yang menunjukkan bahwa penggunaan bahasa asli dalam pendidikan dapat meningkatkan prestasi siswa dan membantu mereka melestarikan identitas budaya mereka.

UNESCO adalah organisasi internasional yang penting untuk mempromosikan perdamaian, keamanan, dan kerja sama melalui pendidikan, sains, budaya, dan komunikasi. UNESCO menggunakan enam bahasa resmi, yaitu Inggris, Prancis, Spanyol, Arab, Rusia, dan Tiongkok. UNESCO juga mempromosikan penggunaan bahasa asli dan bahasa daerah di seluruh dunia.

Tags

Related Post

Leave a Comment