Bagaimanakah Sistem Kekerabatan Yang Ada Di Daerah Minangkabau

admin

Bagaimanakah Sistem Kekerabatan Yang Ada Di Daerah Minangkabau

Sistem Kekerabatan di Daerah Minangkabau

Sistem kekerabatan di daerah Minangkabau merupakan salah satu sistem kekerabatan yang unik di Indonesia. Sistem ini didasarkan pada garis keturunan matrilineal, yaitu garis keturunan yang ditarik dari pihak ibu. Dalam sistem matrilineal, anak-anak dianggap sebagai bagian dari keluarga ibunya, dan mereka mewarisi harta dan gelar dari pihak ibunya.

Sistem kekerabatan di Minangkabau juga mengenal istilah "mamak" dan "kemenakan". Mamak adalah saudara laki-laki dari ibu, sedangkan kemenakan adalah anak-anak dari saudara perempuan. Mamak memiliki peran yang sangat penting dalam keluarga Minangkabau, karena mereka bertanggung jawab untuk mendidik dan membimbing kemenakan-kemenakannya.

Selain itu, sistem kekerabatan di Minangkabau juga mengenal istilah "sumando" dan "minangkabau". Sumando adalah suami dari seorang wanita Minangkabau, sedangkan minangkabau adalah istri dari seorang pria Minangkabau. Sumando dan minangkabau memiliki hak dan kewajiban yang sama dalam keluarga, dan mereka saling menghormati dan menghargai.

Sistem kekerabatan di Minangkabau sangat erat kaitannya dengan adat dan budaya setempat. Adat dan budaya Minangkabau sangat menjunjung tinggi nilai-nilai kekeluargaan dan gotong royong. Sistem kekerabatan yang matrilineal juga membuat wanita memiliki peran yang sangat penting dalam keluarga dan masyarakat Minangkabau.

Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri sistem kekerabatan di daerah Minangkabau:

  • Garis keturunan ditarik dari pihak ibu.
  • Anak-anak dianggap sebagai bagian dari keluarga ibunya.
  • Mamak memiliki peran yang sangat penting dalam keluarga Minangkabau.
  • Kemenakan adalah anak-anak dari saudara perempuan.
  • Sumando adalah suami dari seorang wanita Minangkabau.
  • Minangkabau adalah istri dari seorang pria Minangkabau.
  • Adat dan budaya Minangkabau sangat menjunjung tinggi nilai-nilai kekeluargaan dan gotong royong.

Sistem kekerabatan di Minangkabau merupakan sistem kekerabatan yang unik dan khas. Sistem ini telah ada sejak lama dan masih dianut oleh masyarakat Minangkabau hingga saat ini. Sistem kekerabatan ini memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga keharmonisan dan kestabilan keluarga dan masyarakat Minangkabau.

Tags

Related Post

Leave a Comment