Bagaimana Cara Jamur Memperoleh Nutrisi

admin

Bagaimana Cara Jamur Memperoleh Nutrisi

Bagaimana Jamur Memperoleh Nutrisi

Jamur merupakan organisme heterotrof, artinya mereka memperoleh nutrisi dari organisme lain. Jamur tidak memiliki klorofil, sehingga tidak dapat melakukan fotosintesis. Sebaliknya, jamur memperoleh nutrisi dengan menyerap zat organik dari lingkungannya.

Ada tiga cara utama jamur memperoleh nutrisi:

  1. Menyerap zat organik dari lingkungan

Jamur memiliki miselium, yaitu jaringan filamen yang halus dan bercabang-cabang. Miselium ini tumbuh di tanah, air, atau kayu yang membusuk. Miselium jamur menyerap zat organik dari lingkungan, seperti gula, asam amino, dan mineral.

  1. Menyerang organisme lain

Beberapa jamur adalah parasit, artinya mereka memperoleh nutrisi dengan menyerang organisme lain. Jamur parasit dapat menyerang tanaman, hewan, atau jamur lainnya. Jamur parasit melepaskan enzim yang memecah dinding sel organisme yang diserangnya, kemudian jamur tersebut menyerap zat organik dari organisme tersebut.

  1. Meny membentuk simbiosis dengan organisme lain

Beberapa jamur membentuk simbiosis dengan organisme lain. Simbiosis adalah hubungan yang saling menguntungkan antara dua organisme. Jamur dapat membentuk simbiosis dengan tanaman, bakteri, atau serangga.

  • Simbiosis mutualisme: Dalam simbiosis mutualisme, kedua organisme saling menguntungkan. Misalnya, jamur cendawan membentuk simbiosis mutualisme dengan pohon. Jamur cendawan menyerap air dan mineral dari tanah, kemudian jamur itu memberikan nutrisi organik kepada pohon.
  • Simbiosis parasitisme: Dalam simbiosis parasitisme, satu organisme menguntungkan dan satu organisme dirugikan. Misalnya, jamur karat menyerang tanaman. Jamur karat menyerap zat organik dari tanaman, sehingga tanaman menjadi layu dan mati.
  • Simbiosis komennsalisme: Dalam simbiosis komennsalisme, satu organisme menguntungkan dan satu organisme tidak dirugikan. Misalnya, jamur ragi tumbuh pada makanan yang mengandung gula. Jamur ragi memperoleh nutrisi dari gula, tetapi makanan tersebut tidak dirugikan.

Jamur memainkan peran penting dalam siklus nutrisi. Jamur membantu memecah bahan organik yang mati, seperti daun dan kayu yang membusuk. Jamur juga membantu menyuburkan tanah dengan menambahkan nutrisi organik ke dalamnya.

Berikut adalah beberapa contoh jamur yang memperoleh nutrisi dengan cara yang berbeda:

  • Jamur saprofit: Jamur saprofit memperoleh nutrisi dengan menyerap zat organik dari bahan organik yang mati. Contoh jamur saprofit adalah jamur cendawan dan jamur tiram.
  • Jamur parasit: Jamur parasit memperoleh nutrisi dengan menyerang organisme lain. Contoh jamur parasit adalah jamur karat dan jamur embun tepung.
  • Jamur mikoriza: Jamur mikoriza memperoleh nutrisi dengan membentuk simbiosis mutualisme dengan tanaman. Contoh jamur mikoriza adalah jamur cendawan dan jamur truffle.
  • Jamur endofit: Jamur endofit memperoleh nutrisi dengan hidup di dalam jaringan tanaman. Contoh jamur endofit adalah jamur Acremonium coenophialum dan jamur Fusarium verticillioides.

Jamur adalah organisme yang sangat beragam. Mereka memperoleh nutrisi dengan berbagai cara, dan mereka memainkan peran penting dalam siklus nutrisi.

Tags

Related Post

Leave a Comment