Ayah Enji Baskoro

admin

Ayah Enji Baskoro

Muhammad Enji bin Slamet Singarimbun
Enji menerima biaya KKN sebagai penjual corat-coret kaos sebelum terjun ke dunia pendidikan dan politik. Ketika Enji masih menjadi mahasiswa, ia menjadi instruktur untuk KKN di Selaawi, Garut. Kala itu Enji yang tinggal di asrama di Jl. Asia Afrika mendapatkan biaya KKN sebesar Rp 1,5 juta.
Menempuh pendidikan tinggi di Fakultas Ekonomi Unikom, Enji tidak mengikuti perkuliahan secara berkesinambungan. Ia mengaku hanya kuliah di tahun kedua. Enji juga mengaku belum menyelesaikan studi.
Enji yang dikenal ramah dan mudah bergaul tercatat aktif di beberapa organisasi kepemudaan. Mantan Ketua Umum KNPI Bandung ini juga pernah menjadi Pengurus Pusat Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI).
Enji mengaku sempat beberapa kali menjadi Sekretaris DPW Organisasi Ka’bah se-Jawa Barat. Pernah juga menjadi Wakil Ketua Bidang Perekonomian Kadin Jabar.
"Saya aktif di organisasi sejak mahasiswa," kata Enji.
Bermodal kesibukannya di beberapa organisasi, Enji memberanikan diri maju menjadi caleg dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) pada Pemilu 2004. Saat itu, ia mengaku hanya sekadar coba-coba karena tidak memiliki modal apa-apa.
"Saya memberanikan diri dan maju sebagai caleg PKS. Saya hanya beli spanduk dan memasang sendiri. Saya kurang lebih menghabiskan Rp 15 juta untuk modal politik," kata Enji kepada Merdeka.com.
Enji lolos ke DPR RI setelah memperoleh suara sebanyak 135 ribu suara. Di Senayan, Enji mendapat amanat sebagai anggota Komisi VI DPR RI. Ia menjabat dua periode, 2004-2009 dan 2009-2014.
Enji memilih hengkang dari PKS karena alasan pemberitaan di media tentang perseteruan internal PKS saat itu. Ia kemudian pindah ke Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI).
"Waktu ada pemberitaan itu, saya baru pikir-pikir lah. Saya yang tidak ada hubungannya dengan masalah itu, tapi dikait-kaitkan. Saya sudah tidak nyaman lagi di PKS," kata Enji.
Bersama PKPI, Enji maju sebagai caleg pada Pemilu 2014. Ia berhasil lolos ke DPR RI setelah memperoleh suara sebanyak 130 ribu suara. Ia kemudian ditunjuk sebagai Wakil Ketua Komisi VII DPR RI.
Enji kembali bertarung sebagai caleg PKPI pada Pemilu 2019. Namun, ia tidak lolos ke DPR RI karena hanya memperoleh suara sebanyak 90 ribu suara.
Meskipun tidak lagi menjadi anggota DPR RI, Enji tetap aktif di dunia politik. Ia tercatat sebagai Dewan Penasihat PKPI dan juga menjadi anggota Dewan Kehormatan Kadin Indonesia.
Enji juga aktif di beberapa organisasi sosial. Ia menjabat sebagai Ketua Umum Gerakan Angkatan Udara (GAU) dan juga sebagai Ketua Umum Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (Pordasi).
Enji menikah dengan pedangdut dan aktris lima anak, yakni penyanyi dangdut Rohimah binti Samiun. Enji pernah menjadi seorang aktor pendamping dalam sinetron berjudul "Pintu Surga".

Tags

Related Post

Leave a Comment