Asian Cup Wiki

admin

Asian Cup Wiki

Asian Cup Wiki

Piala Asia AFC (juga dikenal sebagai Piala Asia) adalah kompetisi sepak bola internasional yang diadakan setiap empat tahun sekali dan diselenggarakan oleh Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC). Turnamen ini pertama kali diadakan pada tahun 1956, dan telah diikuti oleh 47 negara sejak dibentuk.

Piala Asia adalah kompetisi sepak bola paling bergengsi di Asia, dan merupakan salah satu turnamen sepak bola internasional paling penting di dunia. Turnamen ini juga merupakan kualifikasi untuk Piala Dunia FIFA, dan negara-negara yang berhasil mencapai final Piala Asia akan lolos ke Piala Dunia.

Turnamen Piala Asia pertama diadakan di Hong Kong pada tahun 1956, dan dimenangkan oleh Korea Selatan. Jepang adalah negara tersukses di Piala Asia, dengan empat gelar juara, diikuti oleh Arab Saudi dan Iran, dengan tiga gelar juara. Negara-negara lain yang pernah memenangkan Piala Asia adalah Kuwait, Irak, Qatar, dan Australia.

Piala Asia terakhir diadakan di Uni Emirat Arab pada tahun 2019, dan dimenangkan oleh Qatar. Qatar juga akan menjadi tuan rumah Piala Asia berikutnya, yang akan diadakan pada tahun 2023.

Format

Format Piala Asia telah berubah beberapa kali sejak pertama kali diadakan. Pada awalnya, turnamen ini diikuti oleh empat tim, tetapi jumlah tim yang berpartisipasi telah meningkat seiring waktu. Pada Piala Asia 2019, turnamen ini diikuti oleh 24 tim.

Tim-tim yang berpartisipasi dibagi menjadi beberapa grup, dan setiap grup bermain dengan sistem round-robin. Dua tim terbaik dari setiap grup lolos ke babak sistem gugur, yang dimulai dengan babak 16 besar.

Babak sistem gugur dimainkan dengan sistem pertandingan tunggal, dan tim yang kalah akan tersingkir dari turnamen. Tim yang menang akan maju ke babak berikutnya, hingga tersisa dua tim yang akan bertanding di final.

Negara-negara yang Pernah Juara

  • Jepang (4 gelar)
  • Arab Saudi (3 gelar)
  • Iran (3 gelar)
  • Kuwait (2 gelar)
  • Irak (2 gelar)
  • Qatar (1 gelar)
  • Australia (1 gelar)

Kualifikasi

Negara-negara yang berpartisipasi dalam Piala Asia harus melalui babak kualifikasi. Babak kualifikasi biasanya dimulai beberapa tahun sebelum turnamen utama.

Negara-negara yang berpartisipasi dalam babak kualifikasi dibagi menjadi beberapa zona, dan setiap zona akan memiliki beberapa tempat di putaran final Piala Asia.

Tempat Pertandingan

Piala Asia telah diadakan di beberapa negara berbeda, termasuk Hong Kong, Thailand, Malaysia, Singapura, India, Iran, Qatar, Uni Emirat Arab, dan Australia.

Penonton

Piala Asia selalu menarik banyak penonton. Pada Piala Asia 2019, total penonton yang hadir di stadion mencapai lebih dari 1,2 juta orang.

Media

Piala Asia disiarkan oleh beberapa stasiun televisi di seluruh dunia. Pada Piala Asia 2019, turnamen ini disiarkan oleh lebih dari 100 stasiun televisi di seluruh dunia.

Sponsor

Piala Asia disponsori oleh beberapa perusahaan besar, termasuk Toyota, Hyundai, dan Coca-Cola.

Kritik

Piala Asia telah mendapat beberapa kritik, terutama karena kurangnya kualitas permainan. Beberapa kritikus menilai bahwa Piala Asia tidak sekompetitif turnamen sepak bola internasional lainnya, seperti Piala Dunia FIFA atau Piala Eropa UEFA.

Kritik lain yang sering dilontarkan terhadap Piala Asia adalah kurangnya kehadiran penonton. Pada beberapa edisi Piala Asia, jumlah penonton yang hadir di stadion tergolong rendah.

Masa Depan

Piala Asia kemungkinan akan terus diadakan setiap empat tahun sekali. Turnamen ini akan terus berkembang dan diharapkan akan menjadi lebih kompetitif dan menarik di masa depan.

Tags

Related Post

Leave a Comment