Arti Kata Atmosfer Adalah

admin

Arti Kata Atmosfer Adalah

Arti Kata Atmosfer Adalah

Atmosfer adalah lapisan gas yang menyelubungi suatu planet atau benda langit lainnya. Atmosfer bumi terdiri dari beberapa lapisan, yaitu troposfer, stratosfer, mesosfer, termosfer, dan eksosfer. Masing-masing lapisan memiliki karakteristik yang berbeda.

Troposfer

Troposfer adalah lapisan atmosfer yang paling dekat dengan permukaan bumi. Lapisan ini memiliki ketebalan sekitar 10 kilometer. Troposfer merupakan tempat terjadinya cuaca, seperti hujan, angin, dan badai. Suhu udara di troposfer semakin dingin seiring dengan bertambahnya ketinggian.

Stratosfer

Stratosfer adalah lapisan atmosfer yang berada di atas troposfer. Lapisan ini memiliki ketebalan sekitar 50 kilometer. Stratosfer merupakan tempat terjadinya lapisan ozon, yang berfungsi untuk melindungi bumi dari radiasi ultraviolet dari matahari. Suhu udara di stratosfer cenderung stabil dan tidak terlalu dingin.

Mesosfer

Mesosfer adalah lapisan atmosfer yang berada di atas stratosfer. Lapisan ini memiliki ketebalan sekitar 50 kilometer. Mesosfer merupakan tempat terjadinya awan noctilucent, yang merupakan awan yang terbentuk pada malam hari di musim panas. Suhu udara di mesosfer semakin dingin seiring dengan bertambahnya ketinggian.

Termosfer

Termosfer adalah lapisan atmosfer yang berada di atas mesosfer. Lapisan ini memiliki ketebalan sekitar 400 kilometer. Termosfer merupakan tempat terjadinya aurora, yang merupakan cahaya yang muncul di langit pada malam hari di daerah kutub. Suhu udara di termosfer sangat tinggi, mencapai ribuan derajat celcius.

Eksosfer

Eksosfer adalah lapisan atmosfer yang paling luar. Lapisan ini memiliki ketebalan yang tidak terbatas. Eksosfer merupakan tempat terjadinya lepasnya partikel-partikel gas dari bumi ke luar angkasa. Suhu udara di eksosfer sangat tinggi, mencapai jutaan derajat celcius.

Atmosfer bumi memiliki peran yang sangat penting bagi kehidupan di bumi. Atmosfer melindungi bumi dari radiasi ultraviolet dari matahari, mengatur suhu udara di bumi, dan menyediakan oksigen untuk bernapas. Tanpa atmosfer, kehidupan di bumi tidak akan mungkin ada.

Tags

Related Post

Leave a Comment